Nano Spray MCI
Home » , , » Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Inspidus

Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Inspidus

Written By The Dreamer on Saturday 7 September 2013 | 18:53



Ketika mendengar kata diabetes, mungkin yang tersirat di benak anda adalah suatu penyakit dimana si penderita mengalami gangguan kelebihan gula darah sehingga air kencingnya mengandung gula atau yang sering disebut dengan kencing manis. Apakah kencingnya rasanya manis? Wah, kalau untuk urusan yang satu ini silahkan anda cek sendiri saja. Hehehe… Oke, kembali ke topik. Yang jelas kebanyakan orang ketika mendengar kata diabetes maka fokusnya langsung tertuju pada penyakit kencing manis tersebut. Padahal ada jenis penyakit lain yang juga menggunakan kata diabetes sebagai awalannya. Nah, berarti ada dua jenis diabetes dong? Yup, betul sekali. Namun dua jenis penyakit diabetes ini ternyata sangat berbeda jauh. Yah, bisa dibilang hanya sama awalannya saja yang sama-sama diabetes tapi organ yang diserang sangat berbeda.
perbedaan diabetes melitus dan diabetes inspidus

Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes melitus atau yang sering dikenal dengan istilah kencing manis. Dan ada juga diabetes inspidus yang mungkin gaungnya kurang terkenal. Nah, kayak artis saja pakai terkenal segala. Hehehe… Diabetes inspidus dikenal dengan istilah penyakit terlalu sering kencing. Dalam sehari penderita diabetes inspidus bisa kencing hingga 30 kali. Semakin banyak minum maka semakin banyak pula kencingnya. Nah, untuk lebih jelasnya dibawah ini saya sajikan perbedaan antara diabetes melitus dengan diabetes inspidus.

Diabetes Melitus
Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kelebihan kadar glukosa dalam darah. Hal itu dikarenakan kurangnya produksi hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi glikogen di dalam darah kita. Karena glukosa darah tidak ada yang mengubah menjadi bentuk lain maka akibatnya terjadi penumpukan jumlah glukosa di dalam darah sehingga mengakibatkan tingginya konsentrasi gula di darah kita. Umumnya diabetes melitus disebabkan oleh rusaknya sebagian kecil atau sebagian besar dari sel-sel betha dari pulau-pulau Langerhans pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin, akibatnya terjadi kekurangan insulin.

Diabetes Insipidus
Diabetes Insipidus adalah penyakit terlalu banyak kencing yang disebabkan karena tubuh kekurangan hormon ADH (antidiuretic hormone). Hormon ADH adalah senyawa hormon yang berfungsi menstimulasi tubulus ginjal untuk menyerap air lebih banyak dari urine yang akan dibuang keluar tubuh. Karena kurangnya hormon ADH tersebut akibatnya ginjal tidak dapat menyerap kelebihan air yang terlalu banyak sehingga kelebihan air tersebut akan langsung dibuang keluar begitu saja tanpa ada penyerapan kembali. Nah, hal inilah yang mengakibatkan tubuh kita mengeluarkan air kencing yang terlalu banyak melebihi jumlah normal.

Nah, itulah tadi sekilas perbedaan antara diabetes melitus dengan diabetes inspidus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Share this article :

3 comments:

Pasang Iklan

Nano Spray MCI

Iklan

Nano Spray MCI
Exit Jangan lupa klik FOLLOW dan LIKE ya... ^_^

Entri Populer

 
Support : Maskolis | DidikHarry Blog | DK Group
Copyright © 2013. DidikHarry Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger