Nano Spray MCI
Home » » Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Pada Tema Energi dan Molekul dalam Proses Fotosintesis di Kelas VIII RSBI

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Pada Tema Energi dan Molekul dalam Proses Fotosintesis di Kelas VIII RSBI

Written By The Dreamer on Sunday 31 October 2010 | 09:35


Pembelajaran IPA terpadu merupakan amanat kurikulum yang sampai saat ini ternyata masih belum diaplikasikan juga oleh SMP/MTs yang ada di tanah air. Kalaupun ada sekolah yang sudah melaksanakannya, itupun bisa dihitung dengan jari tangan...Sungguh sangat sayang sekali apabila kita melihat dari potensi dan manfaat yang diberikan oleh pembelajaran ini...Masih diperlukan beberapa perubahan baik itu perubahan keberanian, pola pikir, kebijakan, maupun perubahan kompetensi pendidik untuk melaksanakannya...

Berikut ini merupakan abstrak dari penelitian yang saya kembangkan...Sebagai motivasi untuk menggali lebih dalam lagi, mengingat penelitian ke arah sana masih kurang dan perlu diperluas lagi....Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dan lebih baik dengan adanya penelitian-penelitian dan inovasi yang dikembangkan oleh para tenaga pendidik....

THE DEVELOPING OF INTEGRATED SCIENCE LEARNING KIT TYPE INTEGRATED WITH THEME ENERGY AND MOLECULE IN PHOTOSYNTHESIS PROCESS FOR GRADE 8th RSBI
JUNIOR HIGH SCHOOL


DIDIK HARIYANTO
063204015

ABSTRACT

The science learning in Junior High School was still held separately in Biology and Physic. This was not in accordance with the curriculum which desires science in Junior High School to be taught in integrated science. The lack of teacher’s understanding about integrated science and the lack of reference about the developing of integrated science learning kit were the obstacle factors in applying integrated science. In addition, some science teachers also got difficulty in using English to develop learning kit and taught science especially in RSBI School. This research had objectives to develop integrated science learning kit type integrated model in theme “Energy and Molecule in Photosynthesis Process” which was written in English, it described the eligibility of learning kit and described the try out activity of integrated science learning kit.
The type of this research was developing research which develops integrated science learning kit. This developing refers to integrated model which was stated by Depdiknas in the guide of developing integrated science learning kit. The try out was applied to 24 students of 8th B grade RSBI class in SMP Negeri 1 Mojokerto.
The results of this research were: (1) the validation of learning kit by lecturers and teachers showed that the learning kit has been eligible with percentage value as the follows: syllabus 95,13%, lesson plan 95,83%, worksheet 94,53%, students book 93,75%, and the assessment instrument 98,57%, (2) the learning accomplishment showed the percentage value in the 1st meeting 75,73%, 2nd meeting 84,55%, and 3rd meeting 90,44%, (3) the learning results has been completed in 83,33% and incomplete 16,66%, and (4) the students response to learning activity and the learning kit showed the positive criteria with percentage value 79,04%.


Keywords: Learning kit, Integrated Science type Integrated Model, Energy and molecule, Photosynthesis.

versi Indonesia
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED PADA TEMA ENERGI DAN MOLEKUL DALAM PROSES FOTOSINTESIS DI KELAS VIII SMP RSBI

DIDIK HARIYANTO
063204015

ABSTRAK

Pembelajaran IPA di tingkat SMP masih disajikan secara terpisah yaitu Biologi dan Fisika. Hal ini tidak sesuai dengan amanat kurikulum yang menghendaki agar IPA di tingkat SMP diajarkan secara terpadu. Kurangnya pengetahuan guru tentang IPA terpadu serta terbatasnya referensi tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu merupakan faktor penghambat belum diterapkannya pembelajaran IPA terpadu. Selain itu sebagian guru IPA juga mengalami kesulitan dalam hal penggunaan bahasa Inggris untuk mengembangkan dan mengajarkan IPA khususnya untuk SMP RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe Integrated dalam bahasa Inggris dengan tema “Energi dan Molekul dalam Proses Fotosintesis”, mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan kegiatan uji coba perangkat pembelajaran IPA terpadu yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan mengacu pada model keterpaduan Integrated sesuai acuan pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu oleh Depdiknas. Kegiatan uji coba perangkat pembelajaran dilakukan terhadap 24 siswa kelas VIII-B RSBI SMP Negeri 1 Mojokerto.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) telaah perangkat pembelajaran oleh dosen dan guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah layak dengan persentase kelayakan sebagai berikut: persentase kelayakan silabus 95,13%, persentase kelayakan RPP 95,83%, persentase kelayakan LKS 94,53%, persentase kelayakan buku siswa 93,75%, dan persentase kelayakan instrumen penilaian 98,57%, (2) keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase keterlaksanaan pada pertemuan ke-1 sebesar 75,73%, pertemuan ke-2 sebesar 84,55%, dan pertemuan ke-3 sebesar 90,44%, (3) hasil belajar siswa tuntas 83,33% dan tidak tuntas 16,66%, serta (4) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan perangkat yang digunakan menunjukkan kriteria positif dengan persentase 79,04%.


Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, IPA terpadu tipe Integrated, Energi dan molekul, Fotosintesis.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Pasang Iklan

Nano Spray MCI

Iklan

Nano Spray MCI
Exit Jangan lupa klik FOLLOW dan LIKE ya... ^_^

Entri Populer

 
Support : Maskolis | DidikHarry Blog | DK Group
Copyright © 2013. DidikHarry Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger